Waste Bank: Lingkungan Sehat, Lapangan Kerja dan Ekonomi Meningkat (Bagian 2)

Tantangan Sumber Daya Manusia

Manusia memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian yang ada. Manusia merupakan sumber daya pokok yang mempengaruhi sumber daya lainnya. Jika sumber daya manusia seseorang berkualitas maka hal-hal yang dilakukannya akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Dengan demikian, SDM sangat diperlukan dalam penanganan permasalahan yang ada. Namun, terdapat beberapa hal yang menjadikan sumber daya manusia tidak berkembang secara lancar. Adapun tantangan (challenge) Sumber Daya Manusia pada pokoknya terbagi dalam tiga, yaitu;[1]

  1. Tantangan Lingkungan
  2. Tantangan Organisasional
  3. Tantangan Individual

Berdasarkan ketiga hal tersebut, lingkungan merupakan salah satu tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia itu sendiri. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang besar disertai tingkat pertumbuhan yang tinggi mengakibatkan bertambahnya volume sampah. Di samping itu, pola konsumsi masyarakat memberikan kontribusi dalam menimbulkan jenis sampah yang semakin beragam, antara lain, sampah kemasan yang berbahaya dan/atau sulit diurai oleh proses alam. Hal inilah yang banyak menimbulkan permasalahan jika tidak dialokasikan pada bentuk yang sesuai dengan hal tersebut.[2]

Tantangan dalam sumber daya manusia ini harus direalisasikan solusinya agar tidak memperbesar permasalahan yang ada, kebijakan tentang penanganan sampah juga harus diperhatikan untuk kemaslahatan bersama. Sehingga, lingkungan yang baik akan mendorong aktivitas masyakat kepada hal yang baik pula.

Manusia hidup di dunia ini sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan pihak lain. Interaksi dalam masyarakat sangat menentukan dalam hal ini. Gerakan manusia menentukan bagaimana hasil yang akan diperolehnya. Berdasarkan qaidah ushuliyah dan qaidah fiqhiyyah:

تصرف الامام على الرعية منوط بالمصلحة[3]

“Kebijakan imam (pemerintah) terhadap rakyatnya didasarkan pada kemaslahatan”

Pemerintah mempunyai andil besar dalam kesejahteraan masyarakatnya, keputusan yang diambil berpengaruh dalam aktifitas ekonomi masyarakat tersebut. Oleh karena itu, pemerintah harus bisa mengatur agar seluruh masyarakatnya memiliki kemampuan untuk menjaga keberlangsungan hidupnya.

Dimulai dari hal terdekat oleh masyarakat, sampah yang mana terus ada dimana manusia berada harus diperhatikan oleh pemerintah. Pengelolaan sampah harus dilaksanakan guna menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan manusia dalam pengolahannya.

Selanjutnya, bagian 3.

Penulis: Yunita Wulandari, M.H.


[1] Sentot Imam Wahjono, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Salemba Empat, 2015), hlm. 5

[2] UU RI No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, hlm. 30

[3] Imam Jalaluddin Abdurrahman as-Syuyuti, al-Ashbah wa Nadhoir, first edition, Lebanon: Darrul Kutub al-alamiyah, hlm.121

Leave a Comment