Warung Gratis Surabaya (WGS) dan Tuna Netra Mengaji program kolaborasi Dompet Duafa Surabaya Sebagai Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Surabaya

Rabu (03/8/33). Peserta PPL di Dompet Dhuafa Surabaya melakukan kunjungan sekaligus silaturrahmi ke Warung Gratis Surabaya (WGS) yang merupakan salah satu program kolaborasi Dompet dhuafa dengan komunitas Titik Balik. Pada awal tahun 2021 WGS mulai di gagas oleh Pak De Laguna selaku sekretaris Titik Balik, dari sedekah makan hari jum’at menjadi program rutin harian yang resmi dibuka pada tanggal 2 Februari 2022.


Setiap hari WGS dapat membagikan 100 porsi dengan budget Rp.10.000,- per/orang dari pukul 11.00 WIB hingga habis kepada masyarakat, baik untuk masyarakat dhuafa maupun pra sejahtera. WGS sendiri bertempat di Ruko Perumahan Ketintang Residence, Ketintang Madya RK.02, Surabaya. Bukan hanya memberi makanan secara gratis, namun WGS juga memberdayakan orang sekitar yang membutuhkan pekerjaan sebagai Juru masak yang ada di sana serta pengelola.
Di Warung Gratis Surabaya (WGS) juga mengadakan program pengajian Tuna Netra, Tahfidz Tafsir dan Ngaji Al-Qur’an juga belajar membaca Al-Qur’an gratis yang biasanya diadakan di lantai dua WGS yang dilaksanakan secara bergiliran setiap harinya. Tidak jarang juga pada bulan Ramadhan WGS juga mengadakan buka bersama hingga santunan anak yatim.

Di hari yang bersamaan juga, peserta PPL ikut serta dalam kegiatan Tuna Netra Mengaji yang dimulai pukul 09.15 WIB. Qur’an Braille yang dimiliki para tuna netra merupakan salah satu fasilitas dari Komunitas “Kawan Netra” atas hasil kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dalam program ini. Pada hari itu, tuna netra yang dijemput oleh kawan Dompet Dhuafa sejumlah 9 orang peserta dan 3 orang pembimbing. Penjemputan dilakukan semata-mata untuk membantu dan memudahkan para tuna netra mencapai lokasi belajar mengaji.
Usai silaturrahmi, peserta PPL kembali ke kantor Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur untuk melanjutkan kembali tugas meng-entry data mustahik Tebar Hewan Kurban guna menjaga transparansi program Dompet Dhuafa.

Leave a Comment