ustad abdul somad - hukum catur

Ustad Abdul Somad : Klarifikasi Hukum Catur

Berita HES

hes.unida.gontor.ac.id , 24 November 2019

Ustad Abdul Somad adalah sosok yang tak asing lagi ditelinga Kalangan Umat Islam Indonesia. Menjadi seorang Publik Figur tentunya menjadi pengalaman tersendiri bagi sosok yang akrab di sapa dengan panggilan ” UAS”.

Salah satu diantara tuduhan yang dihadapinya adalah “ Ustad Abdul Somad Mengharamkan Catur ” . Dalam kesempatannya Silaturrahmi di Pondok Modern Darussalam Gontor Ustad Abdul Somad menjelaskan dan meluruskan maksud dari polemik yang menimpanya.

BACA JUGA : Pengertian Catur

24 November 2019 / youtube.com

Uas meluruskan bahwa pernyataanya tentang Catur Haram merupakan video tahun 2017 dalam sebuah kajian ada jamaah yang menanyakan ; “Dua tahun lalu, ada yang bertanya, bagaimana suami saya main catur sampai nggak cari nafkah, sampai nggak salat,” urai UAS dalam video kala itu.

Beliau menjelaskan bahwa apa yang disampaikan itu sesuai dengan yang disebutkan oleh Imam Hanafi dan Imam Muhammad bin Idris As Syafii. menyebutkan jika ada unsur judi dan melalaikan Shalat perbuatan tersebut berhukum Haram.

Madzhab Syafi’i Hanya Sampai Makruh Saja“jelasnya.

UAS juga menyinggung banyaknya masyarakat yang gagal paham. Bahkan banyak yang sengaja membuat gagal paham untuk mengais rezeki.

Dengan sengaja memotong, mengedit, dan di sebarluaskan yang mana hanya membuat orang membenci.

Tapi dia lupa ada orang berkata, bad news is a good news, jadi itu hanya menambah viral saya saja,” demikian canda UAS mengakhiri potongan video tersebut.