Program Studi Akademik (SA) merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti mahasiswa dalam rangka pembentukan kompetensi profesional. Sebagai pengejawan tahan kompetensi akademik melalui kegiatan studi lapangan dalam konteks otentik di lemba-ga-lembaga pendidikan dibawah bimbingan dan supervisi dosen pembimbing. Dengan demikian, SA dapat diartikan sebagai program pendidi-kan yang dirancang untuk melatih para calon guru menguasai sistem pendidikan yang utuh dan terintegrasi, sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya mereka siap untuk secara mandiri mengemban tugas sebagai guru sesuai bidangnya. SA adalah sebuah bentuk pengenalan ma-hasiswa kepada sebuah lembaga pendidikan. Administrasi lembaga pendidikan menjadi objek kajian yang harus dikaji oleh mahasiswa secara menyeluruh. Mulai dari visi, misi, dan tujuan pendidikan sampai proses pembelajaran yang melahirkan output ideal. Kegiatan ini juga men-jadi sarana untuk membuktikan teori-teori ten-tang pendidikan dan kependidikan yang didapat dalam ruang kelas. Mahasiswa mencoba membandingkan secara langsung dengan realita yang dilihat pada objek SA. Inilah yang dimaksudkan dengan penguasaan pendidikan yang utuh dan terintegrasi.