Praktikum

Praktikum

1. Peradilan Semu

Program praktikum peradilan semu adalah program khusus yang wajib ditempuh mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syariah yang telah mengambil beberapa mata kuliah bermateri hukum. Kegiatan ini merupakan sarana untuk memperoleh pemahaman bagi mahasiswa syariah antara teori dan praktek yang sebenarnya dalam dunia Pengadilan Agama, untuk memahami standar kompetensi lulusan mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah.

Dalam prodi HES, program ini bersifat wajib bagi mahasiswa. Dikatakan wajib karena kegiatan ini merupakan Program intra-kurikuler mahasiswa Prodi HES, Oleh karena itu setiap mahasiswa yang belum melakukan kegiatan ini, dipastikan secara administrasi dan akademis belum diakui memenuhi kualifikasi sebagai output dan outcome mahasiswa prodi HES Fakultas Syariah UNIDA Gontor.

2. Mini Bank Syariah

Mini Bank Syariah adalah suatu kegiatan perbankan yang diadakan di dalam kampus (ruang lingkup fakultas) bekerjasama dengan FEM. Kegiatan ini seperti bank umumnya, Mini Bank Syariah dalam hal operasonal.

Hadirnya Mini Bank Syariah tersebut juga diharapkan membantu kampus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan kompetensi, sebagaimana dibutuhkan industri perbankan syariah.

 3. BMT

Salah satu upaya dalam mengembangkan potensi mahasiswa Prodi HES, maka Unida Gontor khususnya Fakultas Syariah mengadakan praktikum berbentuk BMT ( Baitul Mal wa Tamwil) yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten sesuai dengan visi misi Fakultas Syariah.

Sistem pengoperasiannya sama seperti BMT pada umumnya, mulai dari pelaksanaan operasionalnya, kebijakan-kebijakan yang diambil dalam manajemen, serta peranannya dalam memajukan perekonomian masyarakat.

4. Asuransi Takaful

Mahasiswa HES juga dibekali dengan ilmu yang dipraktekkan dalam kegiatan asuransi takaful bekerja sama dengan asuransi takaful cabang Surabaya. Di mana mahasiswa dilatih untuk mendalami apa itu asuransi syariah dan mengembangkannya kepada mahasiswa lainnya dan masyarakat pada umumnya.

Asuransi takaful syariah adalah lembaga keuangan yang menjalankan transaksi asuransi secara Islami, jadi mahasiswa HES diharapkan bisa melaksanakan prinsip-prinsip syariah yang dipelajari di kelas sebelumnya untuk kemudian dipraktekkan.

4. Studi Akademik

Kegiatan ini merupakan kunjungan yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa/I Prodi Hukum Ekonomi Syariah semester 5 pada lembaga lembaga keuangan baik yang berupa perbankan maupun non bank guna mengetahui lebih detail sistematika kerja seperti mekanisme akad mudharabah, murabahah, rahn, asuransi syariah, pengelolaan zakat dan wakaf dan lain sebagainya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan terjadi singkronisasi antara teori dan praktek di masyarakat. Adapun tempat tempat yang menjadi sasaran kegiatan ini misalnya; Perbankan syariah, Lembaga Asuransi Syariah, Rumah Zakat, Perusahaan Swasta, Bank Indonesia, Badan statistik, dan lain sebagainya.

5. Studi Praktek Lapangan

Guna mendalami lebih lanjut tentang produk produk lembaga keuangan islam lebih dalam maka pada semester 7 dilaksanakan Progam SPL pada lembaga keuangan (Bank dan Non Bank Syariah), Kegiatan merupakan pengayaan pada produk produk di lembaga keuangan guna menge­ tahui proses dan mekanisme yang diterapkan pada produk-produk  tersebut.

Dengan program ini mahasiswa diharapkan mengetahui hukum produk tersebut yang dijadikan sebagai legalitas dasar pada penerapannya di Lembaga Bisnis Islam.

6. Praktek Pengayaan Lapangan

a. Praktek Lembaga Keuangan Syariah (Non Bank)

Program ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa/i progam studi Hukum Ekonomi Syariah dan Ekonomi Syariah guna meningkatan kemampuan mahasiwa/i yaitu berupa praktik mekanisme akad-akad pada Baitul Mal wa Tamwil baik secara manajemen, penggalian dana (Funding), penyalurannya (Lending) dan pengolalaan manajemen resiko.

Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah para peraktisi dari BMT khususnya dari BMT La­Tansa Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dan BMT IKPM Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

b. Praktek Peradilan Agama

Sebagai program studi yang menfokuskan visi dan misinya pada Hukum Bisnis Islam Progam studi Hukum Ekonomi Syariah diharapkan mampu melahirkan tenaga tenaga advokat yang mampu bergerak dan menggerakkan dalam bidangnya serta mampu memecahkan permasalahan-permasalahan dalam Hukum Ekonomi Syariah. Maka, pada semester 6 seluruh mahasiswa/i Hukum Ekonomi Syariah diharuskan melakukan kegiatan praktek di peradilan agama bertujuan untuk mengetahui secara langsung bagaimana tata cara administrasi, pemeriksaan dan penyeleseian perkara dalam sidang di pengadilan agama.

6. Ujian Komprehensif

Ujian Komperhensif dapat dilaksanakan apabila peserta ujian memenhui syarat sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif Fakultas Syariah yang terdaftar di semester 8 ke atas.
  2. Kartu hasil studi, yang menyatakan mahasiswa telah lulus semua materi wajib tempuh.
  3. Surat keterangan lulus ujian bahasa arab/inggris.
  4. Bukti pendaftaran ujian komprehensif, (Biaya Pendaftaran Ujian Komperhensif Rp. 100.000,-)
  5. Waktu pendaftaran adalah selama masa aktif perkuliahan*
  6. Tempat pendaftaran dilaksanakan di Kantor Fakultas atau Kantor Prodi Hukum Ekonomi Syariah di Kampus Pusat Siman UNIDA Gontor.**

Materi yang digunakan dalam ujian komperhensif dibagi menjadi dua sebagaimana berikut:

a. Materi Islamisasi (Studi Islam)/MKDU

  • Aqidah
  • Tauhid
  • Ilmu Kalam
  • Sejarah Peradaban Islam
  • Ulumul Hadist
  • Ulumul Qur’an
  • Ushul Fiqh

b. Materi Keahlian Prodi/MKDK

  • Fiqh Muamalat
  • Perbankan dan LKS
  • Kapita Selekta Fatwa Ekonomi Syariah
  • Ekonomi Islam
  • Ekonomi Mikro dan Makro Islam

* Waktu Pendaftaran selanjutnya akan diatur melalui maklumat Fakultas dan akan disebar keseluruh kampus

** Penanggung jawab Pendaftaran Ujian Komperhensif adalah staff Fakultas bagian keuangan atau yang ditunjuk oleh Prodi