Praktek Pengayaan Lapangan (PPL)

a. Praktek Lembaga Keuangan Syariah (Non Bank)

Program ini merupakan pelatihan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa/i progam studi Hukum Ekonomi Syariah dan Ekonomi Syariah guna meningkatan kemampuan mahasiwa/i yaitu berupa praktik mekanisme akad-akad pada Baitul Mal wa Tamwil baik secara manajemen, penggalian dana (Funding), penyalurannya (Lending) dan pengolalaan manajemen resiko.

Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah para peraktisi dari BMT khususnya dari BMT La­Tansa Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dan BMT IKPM Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

b. Praktek Peradilan Agama

Sebagai program studi yang menfokuskan visi dan misinya pada Hukum Bisnis Islam Progam studi Hukum Ekonomi Syariah diharapkan mampu melahirkan tenaga tenaga advokat yang mampu bergerak dan menggerakkan dalam bidangnya serta mampu memecahkan permasalahan-permasalahan dalam Hukum Ekonomi Syariah. Maka, pada semester 6 seluruh mahasiswa/i Hukum Ekonomi Syariah diharuskan melakukan kegiatan praktek di peradilan agama bertujuan untuk mengetahui secara langsung bagaimana tata cara administrasi, pemeriksaan dan penyeleseian perkara dalam sidang di pengadilan agama.