Pengajian Rutin Al-Ustadz Dr. H. Mohammad Ghozali, M.A – Pekan Keempat Bulan September

Ponorogo – Tepat setelah sholat subuh selesai, kajian Muamalah yang diselenggarakan di Masjid Nur Iman Ponorogo dimulai. Kajian ini merupakan kajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Selasa membahas permasalahan muamalah oleh Al-Ustadz Dr H Mohammad Ghozali, MA. Beliau adalah Dosen Fakultas Syariah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Pada pekan keempat bulan September ini, bertepatan pada hari Selasa, 28 September 2021 M/ 21 Shafar 1443 H, pria kelahiran Ponorogo, 03 September 1968 ini menyampaikan materi tentang “Jenis-jenis Ijarah”. Kajian ini selain dapat diikuti secara langsung, dapat juga disaksikan secara online/ live streaming pada akun facebook masjid Nur Iman.

Sebagaimana yang dijelaskannya, jenis Ijarah dibagi menjadi Ijarah Manfaat dan Ijarah al Amal. Ijarah atas manfaat, disebut juga sewa-menyewa. Dalam ijarah bagian pertama ini, objek akadnya adalah manfaat dari suatu benda. Sedangkan Ijarah atas pekerjaan (al-amal), disebut juga upah-mengupah . Dalam ijarah bagian kedua ini, objek akadnya adalah amal atau pekerjaan seseorang. Adapun penjelasan lengkap kajian ini, dapat diikuti pada link berikut:

Oleh: Yunita Wulan

Leave a Comment