Pelatihan Aplikasi Bank Mini Syari’ah

PRODI HUKUM EKONOMI SYARIAH
UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

 

Pada hari selasa tepatnya pada tanggal 3 Oktober 2017. Program studi ekonomi syariah yang di didampingi oleh himpunan mahasiswa  prodi hukum ekonomi syariah mengadakan sebuah pelatihan bank mini syariah yang di adakan di hall terpadu lantai 3 dan leb. kom dan mini bank, Semnar ini menggali tentang  bagaimana menjadi seorang pegawai bank yang sesuai dengan syariat agama, acara tersebut langsung dibuka oleh dekan fakultas syariah, ustadz Imam Kamaluddin lc,. M.hum. dan di awali dengan sambutan dari ka prodi hukum ekonmi syariah, Al Ustadz Muqorobin  M.A, dan tiga pembicara yang akan mengisi pelatiah, AlUstadz Yayan Firmansyah M.psdm, Al Ustadz Annas Syams Rizal, dan Al Ustadz Wahyu Nugroho S.H.I, mereka adalah ahli dalam permasalah yang pernah ada dalam kasus kasus perbankan, karna pengalaman mereka yang sudah menjadi praktisi langsung maupun yang sudah pernah berkecimpung dalam perbankan baik konvensional maupun syariah.

Mungkin sebagian orang mengangap bahwasannya menjadi pengurus di suatu lembanga keuangan khusunya di perbankan  itu mudah, tetapi pada hakikatnya, perlu  kerjakeras dan ketelititian yang detai luntuk mengatur keuangan masyarakat ataupun negara, Nampun pada pelatihan ini peserta seminar di ajari secermat mungkin, seteliti mungkin untuk menjadi costumer service , teller, security, bahkan menjadi nasabah yang baik, pelatihan ini juga banyak diisi dengan praktek langsung kelapanagn bagaiman menjadi pengurus bank yang baik.

Pada hari pertama selasa 3 oktober 2017 jam 13.00 WIB, acara pembukaan yang langsung dibuka oleh dekan fakultas syariah, Al Ustadz Imam Kamaluddin Lc. M.hum. dan langsung dilanjutkan dengan teori yang di sampaiakan oleh Al Ustadz Wahyu Nugroho dan Annas Syam yang memaparkan tentang rahasia perbankan teknisi dalam suatu perbankan dan lainnya.

Pada hari kedua rabu 4 oktober 2017 jam 08.00 wib. Acara lanjutan dengan praktek sofwer dasar bank. Yang di paparkan oleh Al Ustadz Yayan Firmansyah ahli dalam program perbankan, baik itu dari costumer service maupun teller dan lain lainnya, pada hari ketiga kamis 5 oktober 2017 jam 08.30 wib. Peraktek lanjutan menjadi pengurus di perbankan baik itu dari nasabah, security,costumer service, teller, dan lain lainnya, yang di mulai dari brifing morning atau ceremony morning yang dipimpin lansung oleh brind mannager sekaligus membuka tugas pada hari itu dengan doa, hingga penutupan yang dilaksanakan langsung di lab tersebut.

Banyak pelajaran yang di dapat walaupun sesingkat singkat, tidak mudah menjadi seorang yang bertugas  di suatu lembanga keuangan, karna amanah yang besar untuk menjaga, mengatur uang masyarakat bahkan negara, karna suatu lembaga bisa berdiri kokoh karna mengatur lembaga dengan sebaik mungkin. Ujar Tim Pelaksana Alfi Syahrin.

Leave a Comment