Mahasiswa HES UNIDA Gontor Melakukan Kolaborasi Lokakarya dalam Bidang Statistik di Era Industri 4.0

Berita HES

Setelah sampai di lokasi, kami disambut oleh salah satu dosen Universitas Alma Ata (UAA)  Pak Dhidin yang merupakan salah satu teman dosen pembimbing kami, Al-Ustadz Annas Syams Rizal ketika dulu kuliah di Yogyakarta.

Sebelum masuk ke tempat acara, kami diarahkan untuk menulis nama terlebih dahulu untuk pendataan tamu lalu diberi sekotak makanan ringan dan kemudian kami dipersilahkan masuk ke tempat acara.

Acara dimulai dengan sambutan dari dekan fakultas ekonomi dan bisnis lalu dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada pihak UAA, setelah itu sambutan dari dosen pembimbing kami.

Akhirnya masuk pada inti acara yaitu pertama pengenalan suatu aplikasi yang bernama ADIBA yaitu sebuah aplikasi yang bisa memperkenalkan tentang perbankan syariah kepada masyarakat kelas menengah ke bawah dan aplikasi tersebut bisa memberikan simulasi pembiayaan kepada nasabah jika masyarakat belum paham.

            Acara yang terakhir adalah pemberian materi tentang penggunaan aplikasi Eviews, sebuah aplikasi yang digunakan untuk penelitian secara kuantitatif yang berdasarkan data time series. Pengisi materi tersebut adalah dosen yang tadi menyambut kami, pak Dhidin. Ketika pemberian materi, pak Dhidin memberikan contoh menggunakan data yang ada di suatu bank untuk membahas apakah faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan keuangan bank tersebut.

            Setelah selesai penjelasannya, acara ditutup dengan pemberian sertifikat kepada pak Dhidin sebagai bentuk apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini