Mahasiswa HES UNIDA Gontor Belajar Kewirausahaan dari UMKM disekitar Umbul Ponggok Sidomukti Klaten

Berita HES

            Jikalau kalian pernah melihat orang-orang berfoto di dalam air menggunakan motor atau sambil duduk dan membuka laptop ataupun tanpa menggunakan properti, maka di sinilah salah satu tempat yang dijadikan tempat berfoto, tempat tersebut adalah Umbul Ponggok yang terletak di Sidomukti, Klaten. Tempat merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik karena di dalamnya ada fasilitas bagi para pengunjung untuk berfoto di dalam air.

            Untuk biaya masuk di sana cukup murah, hanya Rp15.000,- per orang kalian sudah bisa menikmati sejuknya berenang di kolam renang Umbul Ponggok, namun jikalau mau berfoto di dalam air dan kalian tidak punya kamera yang tidak bisa terkena air, maka pihak pengelola menyediakan jasa sewa kamera dengan harga Rp60.000,- selama 30 menit dan maksimal orang yang ikut berfoto hanya empat orang. Apabila mau berfoto menggunakan motor, kursi, dan properti-properti lainnya maka akan dikenakan biaya lagi yang di mana setiap properti memiliki harga yang berbeda-beda.

            Selain kolam renang, terdapat juga kantin-kantin makanan dan toko-toko yang berada di luar Umbul Ponggok yang menjual kaos-kaos dan souvenir-souvenir lainnya yang menarik untuk dibeli.

Tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar, merupakan salah satu cara untuk memberdayakan ekonomi penduduk sekitarnya sehingga tercipta kesejahteraan yang bisa dirasakan oleh penduduk di daerah tersebut. (f.huda.w)