Berbicara tentang Hukum dan Ekonomi Syariah adalah suatu bagian dari disiplin ilmu yang berkolaborasi antara ilmu hukum Islam dan ilmu ekonomi Islam.

Adanya kolaborasi ini terkadang banyak sekali dari mahasiswa yang merasa bingung. Dengan adanya konsentrasi jurusan ilmu yang ada di hukum dan ekonomi syariah ini bertujuan untuk mempermudah bakat, minat, dan pengetahuan mahasiswa dari beberapa konsentrasi ilmu Hukum Islam dan Ekonomi Syariah.

Adapun dari konsentrasi ilmu Hukum Islam dan Ekonomi Syariah antara lain:

1.Hukum Perdata

Konsentrasi pada hukum perdata merupakan konsentrasi jurusan yang topik bahasannya terkait aturan hak-hak dan kepentingan antar individu yang biasanya diterapkan dikehidupan masyarakat.

pada konsentrasi ini para mahasiswa banyak belajar tentang hukum yang mengikat perjanjian dan kontrak. jika besok para mahasiswa berminat ingin bekerja sebagai notaris maka mereka cocok untuk mengambil konsentrasi jurusan ini.

2.Hukum Ekonomi atau Hukum Dagang

Pada Konsentrasi ini banyak membahas tentang tingkah laku manusia dalam melakukan aktifitas perekonomian. akan tetapi pada konsentrasi ini lebih ditekankan pada aspek hukumnya saja. jadi bagi mahasiswa yang ingin menjadi corporate lawyer maka bisa mengambil konsentrasi jurusan ini.

3.Fiqih Muamalat

Pada Konsentrasi jurusan ini lebih banyak yang dibahas tentang aturan-aturan Allah untuk mengatur manusia dalam kaitannya dalam urusan duniawi dalam pergaulan sosial.

Akan tetapi pada konsentrasi ini lebih ditekankan pada aspek dalil-dalil Al-Qur’an dan As-Sunnah. Oleh karena itu bagi mahasiswa yang ingin menjadi penda’i maka bisa mengambil konsentrasi jurusan ini.

4. Perbankan Syariah

Konsentrasi jurusan ini lebih banyak yang dibahas tentang manajemen Perbankan Syariah berdasarkan pada Prinsip Syariah, demokrasi ekonomi, dan prinsip kehati-hatian. Bagi mahasiswa yang ingin menjadi banker yang melaksanakan prinsip-prinsip syariah yang bebas dari riba, maka bisa mengambil konsentrasi jurusan ini.


Share this Page