Cleansheet, seluruh Mahasiswa Guru Angkatan 2018 Program Studi HES

Berbicara Cleansheet mengingat mahasiswa program studi hukum ekonomi syariah angkatan 2015, sedangkan tahun ini seluruh Mahasiswa Guru Angkatan 2018 Program Studi HES Fakultas Syariah UNIDA Gontor telah melaksanakan Sidang skripsi seluruhnya,. ini menjadi pencapaian Clean Sheet kedua setelah Mahasiswa Angkatan 2015 Prodi HES UNIDA Gontor Kampus Pusat berhasil wisuda seluruhya pada saat itu dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Akademik Al Ustadz Annas Syams Rizal Fahmi,.S.E.I.M.E.


Pada tahun ini Cleansheet kembali terjadi, maksud cleancheet adalah keberhasilan mahasiswa program studi dalam melaksanakan jenjang karir S1 (strata satu) pada prodi tertentu di kampus atau universitas,. Tahun ini Mahasiswa Guru yang bernotaben dengan image dan kesibukan yang super padat, dan tingkat manajemen waktu yang tidak hanya membutuhkan jiwa dan raga, tapi juga menggunakan hati dan perasaan dapat dan telah membuktikan bahwa Mahasiswa Guru Angkatan 2018 BISA menyelesaikan Jenjang Pendidikan Sarjana dengan tepat waktu.

Mahasiswa Prodi HES Angkatan 2018, Foto Tahun 2019

Mindset yang terbentuk, yang sering disampaikan oleh Dosen Pembimbing Akademik kepada mahasiswa angkatan 2018 adalah “Skripsi tidak butuh idealis, skripsi itu realistis idealis boleh tapi jangan sampai idealis membuat kamu kehilangan passion dan kehilangan target, tujuan dan goal”. keberhasilan seperti ini selain tekad dan motivasi yang kuat dari mahasiswa itu sendiri, terdapat do’a dari orangtua yang selalu menjadi senjata utama, dan konsep kekeluargaan dalam pembimbingan antara dosen dan mahasiswa,. semoga dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa yang masih aktif.


Pada prosesi wisuda ke-36 Bapak Rektor UNIDA Gontor Al-Ustadz Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed,. M.Phil dalam sambutannya beliau berpesan nasehat kepada semua wisudawan “Kalau anda tidak bisa menjadi pemimpin, cetaklah pemimpin masa depan dari keluargamu, Jika anda tidak mampu menjadi ulama, maka niatkanlah untuk melahirkan dan mencetak ulama masa depan”. Sedangkan Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal, selaku Presiden Universitas Darussalam Gontor menyampaikan amanahnya kepada seluruh wisudawan/wati “Laki-laki yang tidak memiliki tanggung jawab dan kepemimpinan, jangan mengaku Laki-laki. Perempuan yang tidak memiliki perasaan halus dan rasa malu, jangan mengaku perempuan”. (by.mia7799)

Sidang Skripsi terakhir mahasiswa angkatan 2018, foto april 2021

Selamat kepada seluruh mahasiswa guru, yang berhasil menyelesaikan studinya, tepat 4 tahun, tabarakallah untuk ananda :
1. Arif Rahman Hakim
2. Muhammad Taufiqurrahman
3. Dian Effendi
4. Mussa Mahendra
5. Bustami Arifin
6. Ryan Muhammad Naufal
7. M Zam zam Hazmi Parlindungan
8. Afwan Rifqi Muhammad
9. Fatwal Huda
10. Fadlurrahman Zikri,.

penulis : arief rahman hakim
editor : bustami arifin
supervisor : al ustadz annas syams rizal fahmi,.

repost : muhammad ilham amrullah

*(kegiatan dilakukan dengan memperhatikan dan mematuhi protokoler kesehatan, serta penggunaan masker dan handsanitizer saat acara berlangsung)

Leave a Comment