Pelatihan Kursus Kader Pembina Mental Nasional (SUSKABINTALNAS) merupakan sarana bagi anggota Resimen Mahasiswa untuk dididik dan dilatih guna meningkatkan kemampuan dalam bidang pembinaan mental yang kuat. Pelaksanaan kegiatan SUSKABINTAlNAS ini mengacu pada terbentuknya kualitas anggota Resimen Mahasiswa yang mampu menganalisa, membaca masalah dan dapat menyelesaikannya khususnya di lingkup Resimen Mahasiswa. Kegiatan SUSKABINTALNAS dilaksanakan tiap tahun dan diikuti oleh anggota Resimen Mahasiswa Indonesia mulai tahun pertama terbentuk SUSKABINTALNAS sampai saat ini yakni Angkatan VIII pada tahun 2019, sehingga hal ini merupakan bukti bahwa Satuan Resimen Mahasiswa 811 Universitas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mampu melaksanakan kegiatan ini secara baik.

Dalam rangka menyelaraskan program pendidikan dan kepelatihan kader pembinaan mental  yang menjadi trade mark Kursus Kader Pembina Mental Nasional Angkatan VIII, maka unsurunsur yang ada dalam kegiatan ini mencakup nilai kepemimpinan, teknik pengajar , penanaman nilai kerohanian, ideologi pancasila dan jasmani. Kursus Kader Pembina Nasional Angkatan VIII ini juga menampilkan kegiatan yang lebih menunjukkan peran serta Resimen Mahasiswa di lingkungan sosial masyarakat dan dimaksudkan untuk mencetak pemimpin-pemimpin yang bisa menerapkan ilmu yang dimilikinya dalam kehidupan sosial masyarakat serta dapat lebih dekat dengan masyarakat di sekitarnya serta dapat membina mental bagi anggotanya dengan penanaman nilai kerohanian dan ideology pancasila. 

Kegiatan SUSKABINTALNAS (Kursus Pembina Mental Nasional) Angkatan VIII ini dilaksanakan pada tanggal 23- 30 September 2019, yang bertempat di PUSDIK ARHANUD, Karangploso, Batu, Jawa Timur . Kegiatan ini dilakasanakan dalam rangka mempersiapkan calon calon kader Pembina mental Resimen Mahasiswa yang bermental,berdisiplin dan memiliki nilai juang untuk menjadi kader di satuan, skomen maupun bangsa dan negara kelak di kemudian hari.. Jenis kegiatan meliputi kegiatan ruangan dan kegiatan lapangan yaitu pengetahuan Spiritualitas Kebangsaan ,Konsepsi dan Strategi Pembinaan Mental, Manajemen Penyelenggaraan Pembinaan Mental, Pedoman Pembinaan Mental Rohani,Pedoman Pembinaan Mental Idiologi ,Pedoman Pembinaan Mental Kejuangan,Empat Konsensus Nasional ,Wawasan Kebangsaan ,Nilai-nilai Sejarah Perjuangan Bangsa ,Kepemimpinan Lapangan (Aspek Bintal) ,Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama ,Wawasan Nusantara , Bela Negara ,Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat,Problem Solving ,Manajemen Konflik , Metode dan Teknik Penyegaran Rohani ,Simulasi Pancasila dan keahlian tambahan, Ceramah Bintal Terpadu

Thahara/ EI 5 ( Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Yang terpilih menjadi Siswa Penyamatan
Share this Post