akal adalah anugerah yang Allah SWT berikan kepada manusia sebagai pembeda dengan Makhluk-Nya yang lain. meskipun akal ini digunakan sebagai alat untuk dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. akal ini juga digunakan untuk merenungi dan memahami dalil-dalil syar’i baik al Qur’an dan as Sunnah sebagai petunjuk keselamatan manusia dunia dan akhirat.

Ibn Taimiyah mengatakan, ” Bahkan akal adalah syarat untuk mengilmui sesuatu dan untuk beramal dengan baik dan sempurna. akal pun akan menyempurnakan ilmu dan amal. Akan tetapi akal tidaklah bisa berdiri sendiri. akal baru bisa berfungsi jika dia memiliki insting dan kekuatan sebagaimana pengelihatan mata bisa berfungsi jika ada cahaya. Apabila akal mendapati cahaya iman dan al Qur’an barulah akal akan seperti mata yang mendapatkan cahaya mentari. jika bersendirian tanpa cahaya, akal tidak akan bisa melihat atau mengetahui sesuatu. (Majmu’ al Fatawa3/338-339)

jadi akal tidak dapat berjalan untuk menafsirkan dalil-dalil syar’i sebagaimana mestinya jika tidak ada cahaya yang meneranginya. jika akal bertentangan dengan dalil-dalil syar’i maka akalnya yang patut dipertanyakan dan dalil syara’ yang patut dimenangkan. akal lah yang pada dasarnya dijaga oleh syara’.

sebagaimana Allah mengutus nabi Muhammad saw, dengan membawa Islam bagi seluruh alam. semua interaksi sosial manusia dengan manusia, serta dengan lingkungannya telah diatur sedemikian rupa dalam dalil-dalil syara’ dengan tujuan untuk mencapai kebahagian dan harmoni seluruh alam semesta.

akal pun dijaga dalam syariat, walaupun akal juga sebagai alat untuk berfikir untuk mencapai makna tersirat ataupun tersurat dari dalil-dalil syara’ tersebut. Hal ini merupakan salah satu cinta Islam yang bisa tampak diterapkan di masyarakat. syariat Islam tidak hanya menjaga akal saja, akan tetapi hal-hal pokok yang berkaitan dengan manusia dan alam semesta, seperti menjaga Agama, Akal, Jiwa, Keturunan dan harta, hal ini akan tetap dijaga sebagai sesuatu penting bagi kehidupan dan keselamatan manusia.

Share this Post

Leave a Comment