Salah Satu Pintu Rizki Dengan Berdagang.

hukum ekonomi syariah/ September 4, 2019/ Berita HES/ 0 comments

Ponorogo, Guna mengabdi pada Agama dan Negeri dengan berbagi ilmu, serta menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kali ini salah satu dosen Fakultas Syariah UNIDA Gontor Ponorogo ust.Mohammad Ghozali, Ph.D hadir dalam kajian ilmu pada masyarakat Ponorogo dan sekitarnya.

Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa, 04 September 2018 pukul 18.00 WIB di Masjid Imam Ghazali PP. Tahfidz Al Qur’an Purbosuman Ponorogo bersifat terbuka untuk umum. Pada kajian ilmu ini ia membahas tuntas bab Kitab Buyu’ (Bab tentang Fiqh Perdagangan) yang ada dalam Kitab Lu’Lu’ Wal Marjan kumpulan Hadist Bukhori Muslim.

Pada kajian ilmu ini beliau membahas tuntas bagaimana seorang muslim beretika dan berperilaku dalam pengumpulan harta, pengelolaan harta dan tujuan dari penggunaan harta yang seharusnya dilaksanakan orang muslim sesuai dengan syariat Islam.

bagaimana seorang muslim dapat berupaya untuk mencukupi kebutuhan dikehidupannya dari hasil usaha yang dilakukannya sendiri ataupun berkolaborasi dengan orang lain. Seharusnya seorang muslim tetap optimis dan percaya bahwa Allah telah membagi dan memberi rizki pada tiap-tiap orang, tergantung bagaimana orang tersebut mensyukurinya, itu pun yang dipaparkan oleh ust Ghozal, sapaan beliau.

Ia juga menjelaskan dari kitab tersebut bahwa manusia tidak ajan pernah meninggal dunia hingga ia telah menghabiskan seluruh rizki yang telah ditetapkan oleh Nya.
adapun cara seseorang dalam menjemput rizki salah satunya dengan berdagang.

Berdagang atau jual beli bisa dikatakan sunnah Nabi Muhammad SAW, seperti bentuk kegiatannya dalam menjemput rizki yakni dengan cara berdagang bersama dengan isterinya, Khadijah. Rasulullah SAW mendo’akan rahmat kepada seorang muslim yang baik dalam transaksi jual-belinya.

Maksud baik jual-belinya adalah sikap dan konsep yang dilaksanakan sesuai dengan tuntunan Islam, yang tetap mengutamakan etika serta tidak hanya berfikir untung dan rugi .

dari paparan yang disampaikan oleh ust Ghozali, membuat antusias dari para pendengar. Acara ini pun ditutup dengan shalat Isya Bersama dengan jamaah masjid Imam Ghazali.

Leave a Comment