IETC:mengembangkan pengetahuan dan keterampilan penelitian di bidang Ekonomi Islam generasi muda

hukum ekonomi syariah/ August 24, 2019/ Berita HES/ 0 comments

International Islamic Training Camp (IETC) adalah Program camp intensif tentang ekonomi Islam dan bidang terkait yang diadakan di International Islamic University of Malaysia (IIUM) selama 5 hari, dari tanggal 19-24 Agustus 2019.

Setelah mengikuti seleksi ketat dari 120 Peserta dari berbagai institusi, Muharrik Fitragara Fachreza mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Prodi Hukum Ekonomi Syariah semester 7 terpilih sebagai delegasi Indonesia. Acara ini diikuti hanya 38 peserta dari 24 institusi yang berbeda, antara lain dari negara Malaysia, Indonesia, Brunei, Thailand, dan Belanda.


Tujuan dari IETC 2019 adalah sebagai berikut:

  1. mempromosikan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan penelitian di bidang Ekonomi Islam dan bidang terkait di antara generasi muda saat ini.
  2. untuk mengekspos peserta pada aspek dasar dan praktis dari Ekonomi Islam, termasuk peran lembaga ekonomi Islam dan Kebijakan.
  3. untuk melatih dan mengembangkan kemampuan artikulasi dan presentasi isu yang relevan dengan disiplin ekonomi Islam dan bidang terkait di antara para peserta.

Acara yang dilaksanakan selama kurang lebih 5 hari ini diisi dengan kegiatan yang dibagi kedalam 3 kegiatan utama, yaitu: sharing sessions, discussion activity, dan kunjungan ke lembaga di Malaysia. Untuk kegiatan sharing sessions dibuka dengan presentasi dari Prof. Ziauddin Sardar dengan judul ‘Economics and the Future’. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang Islamisation of Knowledge, Islamisation of Economics, Economic Systems 1 (Philosophy, Goals, & Features), Economic Systems 2: The Role of Public & Private Sector, Economic Systems 3 – The Third Sector- Theories, Institutions and Applications, Behavioural Economics, Islamic Social Finance- The Concept and Recent Developments, Dan diakhiri dengan Maqasid-based Sustainable Development oleh Assoc. Prof. Dr. Haniza Khalid & Dr. Muhammad Irwan Ariffin.
Untuk kegiatan activity discussion, para peserta diajarkan cara bagaimana membuat proposal penelitian yang baik dan menjadi presenter yang baik. Dibawah bimbingan Dr. Riasat dan IWON Trainers, kegiatan ini menghasilkan 10 proposal penelitian tentang ekonomi Islam. Kemudian untuk kegiatan kunjungan ke Lembaga, para peserta IETC 2019 mengunjungi Kantor Kementerian Ekonomi dan Yayasan Hijrah Selangor.
Harapannya adalah setelah mengikuti acara ini, kita bisa menjadi contoh dan pilar utama dalam mengembangkan ekonomi Islam di negara kita masing-masing. Semoga kedepannya ekonomi Islam dapat lebih berkembang lagi dan bisa mencapai puncak kejayaannya.

Leave a Comment