Proker Perdana: Hukum bersifat mengikat dan memaksa subyek hukum.

hukum ekonomi syariah/ August 18, 2019/ Berita HES/ 0 comments

Setelah dilantik Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Hukum Ekonomi Syariah pada hari Kamis, 15 Agustus 2019, para pengurus HMP HES Periode 2019-2020 melaksanakan program perdana mereka, yakni pembukaan kajian dwi-Mingguan.

Pembukaan kajian dwi mingguan dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 dengan Tema “Perkembangan Hukum Ekonomi Islam dari Masa ke masa”, yang disampaikan oleh dosen Prodi HES, Irkham Firdaus, MH.

Pada pembahasan kali ini ia menyampaikan terkait perkembangan dan kemajuan ekonomi Islam, khususnya di ranah hukum Syariah yang menjadi pondasi kegiatan muamalah masyarakat dari waktu ke waktu.

Ketapan hukum Syariah yang dibebankan kepada masyarakat yang memang bertujuan untuk mengatur segala aktifitasnya sejak dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi. Hukum bersifat mengikat dan memaksa subyek hukum.

Selain ia menjelaskan tentang hukum, ia juga memaparkan tentang perkembangan uang dari masa ke masa. uang yang awalnya berupa logam mulia, yakni emas dan perak yang digunakan untuk transaksi perekonomian masyarakat masa itu, yang mana pada masa Rasulullah uang berupa dinar dan dirham. sesuai perkembangan masa ke masa penggunaan logam mulia kurang begitu efektif dan efisien serta dikhawatirkan adanya eksploitasi besar-besaran, maka muncullah lembaran kertas sebagai pengganti alat tukar tersebut.

kegiatan ini diakhiri dengan menjawab pertanyaan dari para mahasiswa yang sangat antusias dalam pelaksanaan kajian ini.

Leave a Comment