Tradisi Idul Adha di UNIDA Gontor

hukum ekonomi syariah/ August 12, 2019/ Berita HES/ 0 comments

Ponorogo, Momen Idul Adha yang dirayakan umat Islam diseluruh penjuru dunia yang sering disebut dengan Lebaran Haji, karena memang perhelatan ini bertepatan setelah puncak ibadah Haji.

pada hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. pada momen perayaan Idul Adha ini-pun tidak luput dari kisah Nabi Ibrahim as dengan putranya Ismail as, yang menjalankan perintah Allah SWT dengan Ikhlas meskipun diberi ujian dengan mengorbankan putra tunggalnya untuk disembelih berdasarkan perintah dalam mimpinya. ketika melaksanakan perintah Allah akan mengorbankan anaknya, lalu Allah SWT gantikan dengan domba dari surga.

warna-warni Idul Adha pada tradisi di UNIDA Gontor, yang antara lain:

1.melaksanakan Shalat Ied bersama, dan dapat bersalaman dengan jajaran Rektorat

Pada perayaan Idul Adha maupun Idul Fitri umat Islam melangsungkan Shalat Ied berjamaah, tidak terkecuali dosen dan Mahasiswa UNIDA Gontor Ponorogo melangsungkan shalat Ied Berjamaah di Masjid Jami’ UNIDA Gontor. Memang jika di Universitas luar biasanya mahasiswa ataupun dosen melaksanakannya di lingkungan rumah dan dengan keluarga mereka. Tetapi di UNIDA Gontor Ponorogo karena basis dari mahasiswa dan dosen tinggal di lingkungan kampus, maka mereka dapat menjalankan shalat Ied secara bersama. tidak hanya itu setelah melaksanakan ibadah shalat Ied para mahasiswa dapat bersalaman atau berjabat tangan dengan jajaran Rektorat sehingga mahasiswa juga meresakan adanya keluarga di lingkungan Kampus nya yang menjaga, dan mengayomi mereka.

2.Penyembelihan selama 3 hari berturut-turut

Tradisi di UNIDA Gontor melangsungkan penyembelihan hewan Qurban baik sapi ataupun kambing dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut. biasanya hewan-hewan Qurban yang mereka sembelih dari para dosen, mahasiswa, ataupun keluarga dari dosen dan mahasiswa yang nantinya didistribusikan di lingkungan kampus UNIDA Gontor.

3.Dosen dan mahasiswa berpartisipasi

Dosen dan mahasiswa saling berpartisipasi dalam proses penyembelihan hewan kurban, pengulitan, pembagian daging hingga pendistribusian hewan kurban. mereka saling tolong menolong guna lancarnya pelaksanaan proses penyembelihan kurban dari awal hingga akhir. tidak hanya pada proses penyembelihan hewan kurban saja, akan tetapi dalam kegiatan akademisi maupun non akademisi dosen dan mahasiswa saling berkontribusi dan berkolaborasi dalam mensukseskan acara tertentu.


Leave a Comment