sebagai salah satu syarat mahasiswa mahasiswi salam melanjutkan penulisan skripsi, mereka harus memaparkan bahasan masalah atau penelitian yang akan mereka lakukan dan tulis kepada jajaran dekanat dan mahasiswa semester 5 Fakultas Syariah pada Sidang Proposal Skripsi (SPS).

Kegiatan wajib ini merupakan salah satu syarat yang harus mereka lakukan sebagai konsep yang dapat dipertanggung jawabkan secara akademisi dan moral. SPS perdana tahun ini telah dilakukan dua kali, yakni pertama dilangsungkan di Gd.Markaz Sirah UNIDA Gontor Ponorogo pada 20 Juli 2019 yang dipresentasikan oleh mahasiswa an/ Muharrik Fitragara Fachreza. Pada pemaparannya ia menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantarnya. kedua, pelaksanaan SPS dilaksanakan di Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi yang dipresentasikan oleh Mahasiswi an/Multi Tawang yang memaparkan dengan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar yang digunakan.

Penggunakan bahasa Arab atau Bahasa Inggris merupakan salah satu keunggulan yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah UNIDA Gontor sebagai bahasa wajib atau resmi mereka selama memaparkan proposal skripsi mereka.

Pada penggunaan dwi bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) yang digunakan oleh mahasiswa saat SPS dapat mengolah dan mengasah bahasa mereka yang memang sebelumnya sudah mereka kuasai sejak masih santri di Gontor.

Pemaparan SPS dilangsungkan secara terbuka dan disaksikan oleh mahasiswa semester 5 bertujuan untuk memberikan arahan secara tidak langsung terkait SPS dan paparan terkait metodologi dan berbagai macam terkait penelitian dan penulisan skripsi.


Share this Post

Leave a Comment