Khutbatu-l- Arsy Unida Gontor Penuh Makna

hukum ekonomi syariah/ July 31, 2019/ Berita HES/ 0 comments

Setiap awal tahun ajaran baru, Pondok Modern Gontor mengadakan acara Khutbatu-l-Arsy yang wajib diikuti oleh seluruh orang yang ada di dalamnya. Tepat pada tanggal 29 Juli 2019, dilaksanakanlah Khutbatu-l-Arsy di Unida Gontor. Semua dosen, pengajar, mahasiswa Unida wajib mengikuti acara khutbah perpeloncoan ini. Acara sakral..Paskibra, parade barisan, atraksi atraksi dari mahasiwa sangat filosofis dan memukau. Beberapa mahasiswa menunjukkan kebolehan dan bakat masing´masing dengan penuh totalitas.

Hakikatnya didalamnya penuh makna, apa itu??? Yaitu Semangat. Semangat didalamnya harus selalu ada dalam seluruh kegiatan yang ada di Unida ke depan, semua harus merapatkan barisan. Tua ataupun muda memperbaharui niat. Niat baru, semangat baru untuk terus menjadi pejuang pejuang Islam. Kalau kata bapak pimpinan KH. Hasan Abdullah Sahal:

”Semua harus bernuansa Gontory! Mengajar gontory, makan gontory, berpakaian gontory, dan lain sebagainya dan lain sebagainya..”.

Dosen, Mahasiswa yang datang ke Gontor harus tahu dan paham. Tahu bagaimana sejarah berdirinya Unida, pejuang syuhada yang telah berkorban mati matian untuk mendirikan Pondok Modern Gontor dan Unida ini. Dan paham dengan nilai nilai yang ada di gontor, panca jiwa, panca jangka, sehingga terinternalisasi ke dalam diri dan setiap langkah kegiatan yang dilakukan. Semua harus memiliki nilai nilai tersebut. Karena itulah unida ada dan berjaya sampai sekarang, dan akan menjadi universitas Islam yang berarti dan bermutu serta menjadi pusat pengkajian Islam dan Bahasa Arab.

Sesuai dengan Visi Unida yaitu menjadi universitas yang bersistem pesantren yang bermutu dan berarti sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan berorientasi pada Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan sebagai pusat bahasa Al Quran untuk kesejahteraan umat manusia. Amin.

Leave a Comment