Syarat-Syarat Samsarah

Syarat-syarat Samsarah:

  • Pekerjaan Simsar itu harus jelas (Ma’lum)

Pekerjaan Simsar itu harus jelas (Ma’lum), baik dengan menjelaskan barang yang akan diperjual-belikan atau dengan menjelaskan berapa lama Simsar bekerja.

Jika pekerjaan Simsar tidak jelas, maka akad samsarahnya fasid. Contoh ucapan penjual untuk memperjelas pekerjaan atau lama kerja simsar

penjual berkata kepada simsar,”juallah rumahku yang itu, yang alamatnya disini, dst” (Menjelaskan berapa lama simsar akan bekerja)

  • Upah (Ujrah) atau komisi (‘Umulah) yang diterima oleh Simsar harus jelas (Ma’lum)
  • Upah bagi Samsarah tersebut tidak terlalu tinggi (Ghabanfahisy) atau mengeksploitir kebutuhan masyarakat. Sebab menjualbelikan barang dengan terlalu tinggi (Ghabanfahisy) telah diharamkan syraiah. mengeksploitir kebutuhan masyarakat akan menimbulkan dharar (Bahaya) bagi penjual/pembeli. (Lihat Yusuf Al Qaradhawi, Al Halal wal Haram fil Islam hlm. 226)
  • Samsarah yang dilakukan tidak termasuk Samsarah yang diharamkan. misalnya Samsarah dalam jual beli antara orang kata dengan orang dusun. Samsarah yang dilakukan tidak termasuk  samsarah yang diharamkan. misalnya Samsarah dalam jual beli antara orang kota dnegan orang dusun dimana orang dusun tidak tahu harga kota. atau samsarah yang mengandung unsur penipuan (al Khidaa’)

tonton selengkapnya melalui https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1129908264622001&id=100024612049301&sfnsn=wiwspwa

Leave a Comment